You are here
Home > Kegiatan Tahunan > Sabha Gotra 2018: Umat Sedharma, Keluarga Selamanya

Sabha Gotra 2018: Umat Sedharma, Keluarga Selamanya


Om Swastyastu
Namo buddhaya🙏

✨ [ SABHA GOTRA’S DAY ] ✨
“Om Awignam Astu Namo Sidham Om Sidhirastu Tad Astu Astu Swaha”

Selamat pagi umat sedharma!🌞
Minggu, 1 April 2018 merupakan tanggal bersejarah bagi kami, KMHB PKN STAN. Hari yang ditunggu tunggu oleh banyak orang, bukan hanya kami, melainkan juga anggota organisasi agama hindu se-Jabodetabek. Yup, hari itu adalah pelaksanaan acara Seminar Nasional Sabha Gotra 2018!

Acara ini merupakan acara puncak dari 3 rangkaian acara Sabha Gotra 2018. Sebelum diadakannya seminar, KMHB PKN STAN juga mengadakan dua acara lomba, yakni “Sabha Gotra Essay National Competition 2018” dan “Sabha Gotra Photography Competition 2018” yang sukses menggaet perhatian para pecinta dunia tulis menulis dan fotografi.

Seminar Nasional Sabha Gotra 2018 diadakan di Gedung G PKN STAN. Seminar yang bertemakan “Menumbuhkan Kebanggaan Sebagai Hindu Dalam Pluralisme Masyarakat” mulai ramai kedatangan tamu undangan sedari pukul 08.00 pagi.

Nampaknya semboyan “tak kenal maka tak sayang” sungguh tepat untuk menggambarkan momen yg mengawali kegiatan Sabha Gotra 2018 kali ini, maka acara pertama adalah sambutan hangat serta laporan dari Ketua Panitia Sabha Gotra 2018, Kak Desak Ayu Arista Widya Sari 👩🏻 dan disusul oleh sambutan dari Ketua Keluarga Mahasiswa Hindu dan Buddha yaitu Kak Chandra Deva👨🏻 yang mana merupakan para tonggak runcing panitia dibelakang layar acara Sabha Gotra 2018 ini loh! Wah keren banget ya🙆🏻

Selanjutnya sambutan tak akan lengkap tanpa sekapur sirih lantunan sedikit banyak kata-kata berupa Sambutan hangat dari Pak Nyoman Widya selaku Ketua BPH PHDI Pusat sekaligus Dosen PKN STAN yang lantunan sambutannya tersirat sebuah makna berarti yaitu,
“saya bangga menjadi Hindu,saya senang menjadi Hindu,saya Hindu selamanya”

Selanjutnya, tak lupa lantunan kata-kata sekapur sirih yang memberikan sambutan hangat yaitu Bapak Gede Agus Ari Utama selaku pembina KMHB mewakili Direktur PKN STAN yang sekaligus dengan bangga membuka secara resmi Seminar Nasional Sabha Gotra 2018.

Dipandu oleh moderator, Kak Minanthi Dhanny Pratiwi, dengan dua orang narasumber, Bapak Nyoman Marpa dan Kak Nanda Rizka, seminar pun dimulai.
Bapak Nyoman Marpa selaku Ketua Bidang Hubungan Internasional PHDI Pusat menyampaikan gagasannya terlebih dahulu. Beliau menyampaikan seminar mengenai peradaban Hindu di zaman ini.

Dilanjutkan dengan seminar oleh Kak Nanda Rizka selaku pimpinan pusat KMHDI menyampaikan seminar dengan tema “Hindu: Ruang Rindu Untuk Bertemu, Mengadu, dan Bersatu”. Kurang lebih begini sepatah kata dari Kak Nanda; “sindrom minoritas, tidak membatasi hidup berkualitas”. Mungkin sedikit tapi berarti besar bagi para tamu undangan yang masing masing individunya pernah merasa berkecil hati karena menjadi minoritas.

Diselingi beberapa penampilan tari tarian penghibur, sampailah kita di penghujung acara yang mana ditutup dengan penampilan dari aranselera semeton Bali PKN STAN. Aranselera merupakan kelompok musik yang menyajikan musik bali yang diaransemen sedemikian rupa sehingga membentuk suatu karya baru yang sangat indah dan unik.

Kami jajaran Panitia Sabha Gotra 2018 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para tamu undangan dan para narasumber yang telah berkenan untuk hadir dalam Seminar Nasional Sabha Gotra 2018 sehingga telah membantu kesuksesan acara ini.

Sedikit kutipan yang dapat diambil dari pengalaman seberapa besarnya jiwa jiwa kami, kalian, kita yang cinta kepada Tuhan nya🙏🏼

“im proud to belong in a religion,which has taught the world to tolerance & universal acceptance.We believe not only in universal toleration but we accept all religion as true”

Sampai jumpa di Sabha Gotra 2019👋🏻

Om Shanti Shanti Shanti Om

Leave a Reply

Top