You are here
Home > Uncategorized > Sabha Gotra 2019, Hindu Muda: Kontribusi dalam Toleransi

Sabha Gotra 2019, Hindu Muda: Kontribusi dalam Toleransi

Sabha Gotra adalah acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Keluarga Mahasiswa Hindu Buddha (KMHB) Politeknik Keuangan Negara STAN. Tahun 2019 ini Sabha Gotra mengusung tema “Hindu Muda: Kontribusi dalam Toleransi” yang dimulai dengan sabha gotra competition sejak maret hingga mei 2019 kemudian Sabha Gotra 2019 memiliki acara puncak berupa seminar nasional yang dihadiri oleh berbagai mahasiswa Hindu dari Jakarta dan sekitarnya.

Sabha Gotra Competition 2019 mengadakan tiga bidang perlombaan, diantaranya lomba bidang Esai, Fotografi, dan Video Blog. Melalui kompetisi ini, diharapkan mahasiswa/i Hindu Dharma se-Indonesia dapat meningkatkan kesadarannya menjadi Hindu sekaligus mengembangkan kreativitas

Lomba esai kali ini menunjukan beragamnya ide dan gagasan mahasiswa Hindu dalam menghadapi perkembangan zaman. berbagai perspektif mengenai Hindu di zaman modern diekspresikan dalam lomba esai Sabha Gotra ini.

Tiga terbaik kompetisi esai diraih oleh:

  1. Kardi Rahayu (Universitas Udayana) dengan judul Trias Interaksi untuk Mencapai Kebahagiaan.
  2. I Gede Wibawa Putra (Universitas Indonesia) dengan judul Satu Nusa Bhinneka (SNB): Penerapan Tat Twam Asi Secara Konkret dan Komprehensif untuk Menyikapi Perbedaan serta Merawat Toleransi di Indonesia.
  3. Ni Kadek Dian Kotami (Universitas Udayana) dengan Judul Benarkah Tri Hita Karana Tak Se-eksis di Dunia Maya (Menghayati Posisi Tri Hita Karana di Era Digital sebagai Penuntun Menuju Tujuan Hidup).

Kompetisi fotografi menerima cukup banyak peserta setelah proses penjurian didapat tiga foto terbaik dan juga satu foto terfavorit, selain lomba fotografi terdapat juga kompetisi tambahan yaitu Kompetisi Video Blog yang diraih oleh I Gusti Bagus Wiradharma dan I Made Satya Yogiswara dari Universitas Gunadarma.

Seminar Nasional Sabha Gotra akhirnya menjadi acara puncak dalam rangkaian Sabha Gotra 2019, dilaksanakan pada hari minggu, 12 Mei 2019 bertempat di gedung G, Kampus PKN STAN. Seminar Nasional ini mengangkat tema Pemuda Hindu Beraksi, Membangun Negeri dalam Toleransi dengan mengundang Sri Sriman Ida Vaisnava Pandita Damodara Pandit Dasa- Anggota Sabha Pandita PHDI Pusat dan I Kadek Andre Nuaba –  Ketua Presidium PP KMHDI. Acara Seminar yang dipandu oleh moderator Ananda Priantara ini dihadiri sekitar 200 orang yang tidak hanya berasal dari PKN STAN tetapi juga dari Kampus lain yang berlokasi terutama di Jabodetabek.

Reach us on:

📧: sabhagotrakmhb@gmail.com
OA Line: @cjp0949k
IG &Twitter: kmhbstan
Facebook: KMHB PKN STAN

Namo Buddhaya
Om Santih Santih Santih Om🙏

Bhakti Kepada Tuhan

I Made Giri Putra

Tanamkan Nilai Tri Hita Karana Sebagai Investasi di Masa Depan

I Kadek Surya Satria

Nedunang Ida Bhatara

Gde Krisna Lingga Aditama

Penerapan Catur Paramhita Dalam Keluarga Guna Membangun Sebuah Kebahagiaan Secara Sekala dan Niskala

I Made Wisnu Adi Wiryawan

Leave a Reply

Top